Jumat, 26 Juni 2009

pantai virgin di bali

Pantai Padang-padang (atas) dan Pantai Uluwatu (bawah)




‘Bali punya gorgeus landscape ’, begitu puji SBY di pembukaan ADB Annual Meeting yang disambut riuh seluruh audiens. Pastinya, kalimat tadi merefer ke puluhan pantai yang dimiliki Bali. Sudah barang biasa kita dengar nama-nama pantai seperti Kuta, Sanur, Nusa Dua atau Jimbaran. Harus diakui keindahan pantai-pantai tadi memang masih legendaris, tapi keramaiannya itu yang membuat wisatawan kadang mencari pantai lain yang punya taste ketenangan dan alam yang masih perawan. Di selatan Bali, sekitar 20 km dari bandara Ngurah Rai kita bisa temukan keunikan ini. Cobalah kunjungi pantai Geger, Uluwatu atau Padang-padang.

Pantai Geger berlokasi di wilayah Nusa Dua. Tinggal belok kanan di perempatan akhir jalur By Pass Ngurah Rai, Pantai Geger bisa ditempuh 10 menit dari jalur tersebut dengan mobil pribadi atau motor. Nggak seperti pantai-pantai di Jawa yang selalu pasang tarif untuk dikunjungi, pantai-pantai Bali terkenal gratisan. Kita cukup menyediakan kocek Rp 1.000,- untuk parkir atau tidak perlu sama sekali karena banyak juga yang tidak ada penjaga parkirnya. Begitu juga dengan pantai Geger soalnya kita bisa menikmati keindahannya sepuasnya, sepi dan gratis-tis. Ketenangan di Pantai Geger dijamin, nggak ada turis sama sekali di pantai ini karena sepertinya potensi yang dimiliki belum begitu diekspos.

Di awal memasuki kawasan pantai Geger kita akan disambut oleh lahan parkir yang cukup luas tapi belum terkelola, ditambah lagi dengan sebuah resto seafood yang agak sepi. Untuk turun ke pantai harus melewati semak belukar yang agak tinggi. Tapi jangan khawatir karena semak-semak ini nggak terlalu luas. Di akhir semak-semak tadi kita akan menemui tangga kecil ke arah bawah untuk melintasi batu karang dan akhirnya sampai ke pasir putih pantai ini. Keindahannya terasa betul karena susunan batu karang didukung dengan pasir putih yang landai terlihat begitu kompak dengan permukaan laut yang berwarna kebiruan. Apalagi ditambah dengan suasana tenangnya, membuat kita lupa sejenak akan kepenatan hidup di kota. Sayangnya bila mengunjungi tempat ini agak sore, ombaknya begitu besar sehingga tidak bisa dinikmati untuk berenang.

Pantai selanjutnya adalah pantai Padang-padang dan Uluwatu. Jalur ke pantai ini bisa melewati By Pass Ngurah Rai ke arah Universitas Udayana atau lewat jalur Jimbaran. Kedua jalur tersebut mengarah pada sebuah bukit kapur di jalan raya Uluwatu. Di hulu jalan tersebut banyak sekali terdapat resor-resor terkenal dan melewati kawasan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park tentunya. Berjalan terus ke arah timur setelah kawasan resor Pecatu, akan banyak ditemui homestay-homestay dan sejumlah resto sederhana yang menawarkan makanan bercita rasa internasional. Nah di sekitar sinilah letak pantai Padang-padang. Keindahannya sudah terlihat dari atas jembatan yang kita lewati (lihat foto). Memasuki pantai ini, kita disambut oleh pura kecil yang eksotis karena menghadap langsung ke pantai dari atas ketinggian bukit. Setelah itu kita harus melintasi celah kecil yang terbentuk dari batu karang. Pantainya sendiri sangat landai dan pasirnya begitu putih. Namun air laut disini menjadi daya tarik utama karena jernih dan sangat kondusif untuk berenang. Bagi yang mau mencoba surfing, disinilah tempatnya. Nggak perlu capek mengayuh ke tengah laut untuk mencari ombak, di sini ada beberapa nelayan yang menawarkan jasanya untuk membawa kita ke tengah laut.

Pantai yang terakhir adalah pantai Uluwatu. Jarak antara pantai Padang-padang dengan Uluwatu tidak begitu jauh. Estimasi saya mungkin sekitar 5 km. Nah disinilah tempat terbaik untuk surfing, ombaknya begitu stabil bahkan sampai menjelang malam. Mau berenang, kejernihan pantai ini nggak kalah dengan pantai padang-padang. Batu-batu koralnya yang menyembul diantara jernihnya air juga cocok banget buat foto-foto pre wedding hehehe.

7 komentar:

  1. bule'nya ajib euy.................

    BalasHapus
  2. GREAT!!

    jadi inget wawancara bahasa inggris kita..

    hahaii..

    BalasHapus
  3. gambar apa tuh, Rin???
    wadoohhhh...
    rin, koment di itsmeyulia.blogspot.com

    BalasHapus
  4. aakhh..boong!!

    pantai di bal mana ada yg masih virgin c!!

    Visit Belitong 2009!!

    :)

    bebelisbela.blogspot.com

    BalasHapus